Kabag Ops Polres Tanggamus Resmikan KTN Tingkat Kecamatan Gunung Alip

Administrator   |   Kriminalitas  |   Selasa, 30 Maret 2021 - 14:47:07 WIB   |  dibaca: 103 kali
Kabag Ops Polres Tanggamus Resmikan KTN Tingkat Kecamatan Gunung Alip

Kabag Ops Polres Tanggamus saat Melakukan Pemotongan Pita Posko KTN Gunung Alip.

Gunung Alip - Dipusatkan di Balai Pekon Banjar Agung, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK. Kabag Ops Polres Tanggamus melauncing atau meresmikan kampung tangguh nusantara (KTN) tingkat Kecamatan Gunung Alip, Tanggamus, Selasa (30/3/21).

Rangkaian peresmian meliputi sambutan-sambutan, pemukulan gong tanda diresmikannya KTN oleh Kompol Bunyamin, pelantikan Dai Kamtibmas Gunung Alip, pemberian santunan anak yatim, pemotongan pita posko KTN, peninjauan hasil pangan dan peninjauan rumah isolasi.

Dalam peresmian dihadiri oleh Ketua MUI Tanggamus KH. Wahid Zamas, Kasat Binmas AKP Hi. Irfansyah Panjaitan, Kapolsek Talang Padang AKP Sarwani, SE. MM., Danramil Talang Padang diwakili, Camat Gunung Alip Sutoto dan Kakon Banjar Agung Ikrom serta para tokoh agama, tokoh masyarakat setempat.

Membacakan amanat Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Hendro Sugianto, M.Si., Kabag Ops Kompol Bunyamin menyampaikan dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara atas terlaksananya kegiatan ini sebagai wujud syukut terbentuknya KTN di Pekon Banjar Agung, Gunung Alip.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa sampai saat ini hampir 1 tahun sudah kita mengalami Pandemu Covid-19 dan telah menimbulkan korban yang cukup banyak baik itu yang meninggal dunia maupun di rawat di rumah sakit.

Dengan adanya wabah Covid-19 telah menimbulkan permasalahan yang berdampak sosial, budaya dan ekonomi seperti menurunnya daya beli masyarakat, dirumahkannya para pekerja, buruh pabrik, karyawan perusshaan, pegawai swasta dan pendidikan anak sekolah terganggu di seluruh daerah serta mengakibatkan dampak psikologis yang luar biasa terhadap individu maupun masyarakat.

"Berbagai upaya pemerintah maupun Polri khususnya Polda Lampung dan jajaran sampai tingkat desa/pekon dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 serta penguatan ekonomi kerakyatan untuk melakukan kolaborasi dengan stakeholder melalui pengembangan kultur kewirausahaan dan penggalangan partisipasi masyarakat. Pelaku usaha dalam mengelola potensi SDA untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga tidak terdampak pada krisis ekonomi," kata Kompol Bunyamin menyampaikan tujuan dibentuknya KTN.

Sementara itu, Ketua KTN Kecamatan Gunung Alip Ikrom menggatakan bahwa KTN khususnya di Pekon Banjar Agung fokus utamanya di Kecamatan Gunung Alip dengan dukungan jasmani dan rohani yang baik dari masyarakat, penidikan, kesehatan hingga rumah isolasi.

Ia menjelaskan, dalam mensiasati dampak pandemi Pekon Banjar Agung memiliki usaha yang dinaungi oleh UMKM berupa kerajinan belah ketupat maupun bordir juga ada produksi bubuk kopi, perikanan dan pertanian juga berjalan dengan baik dalam rangka menanggulangi dampak pandemi.

Selajutnya, bidang pendidiikan di Pekon Banjar Agung juga telah disediakan sarana belajar mengajar khusunya anak-anak usia dini dengan saaraan wifi gratis saat mereka belajar daring.

Lalu dibidang pangan juga, seluruh masyarakat dengan produktif menggunakan lahan-lahan pertanian dengan menanam padi, sayur mayur dan lainnya. Serta di bidang Kamtibmas juga di seluruh pekon kecamtan gunung alip seluruh warga masyarakat sudah mengadakan ronda malam yang dijadwalkan setiap pekonnya mencegah gangguan Kamtibmas.

"Kami mengucapkan terima kasih atas tepilihnya pekon banjar agung sebagai pilot projek KTN tingkat kecamatan gunung alip. Kami bersama masyarakat akan mendukung program ini dengan sebaik-baiknya," tegasnya. (*)

Profil Administrator

Administrator


Komentar




Komentar Facebook