Polres Tanggamus Laucing Kampung Tangguh Nusantara Tingkat Kecamatan Sumberejo

Administrator   |   Kegiatan Polres Tanggamus  |   Rabu, 24 Februari 2021 - 15:54:41 WIB   |  dibaca: 373 kali
Polres Tanggamus Laucing Kampung Tangguh Nusantara Tingkat Kecamatan Sumberejo

Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Bunyamin, SH. MH. saat Melakukan Pengguntingan Pita di Posko KTN Pekon Dadapan Sumberejo.

Sumberejo - Sebagai upaya mencegah dan memutus rantai penularan virus Covid-19 yang ada di masyarakat serta tindak lanjut perintah pimpinan. Polres Tanggamus melauncing Kampung Tangguh Nusantara (KTN) tingkat Kecamatan Sumberejo tepatnya di Pekon Dadapan, Rabu (24/2/21).

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Dadapan oleh Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Bunyamin, SH. MH bersama Anggota DPRD Tanggamus Yoyok Sulistyo, Kapolsek Sumberejo AKP Takrinto dan Camat Camat Sumberejo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut mewakili Danramil Talang Padang Pelda Iftiar Juhari, KUPT Kesehatan Margoyoso Minto, Kepala KUA Aprizal, Kanit Binmas Bripka Apri Eka Satria dan Bhabinkamtibmas Polsek Sumberejo, Dai Kamtibmas Ust. Abdul Rohman, Aparatur Pekon dan Pokdar Kamtibmas Pekon setempat.

Rangkaian kegiatan meliputi Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Sambutan Ketua KTN, Sumberejo, Sambutan Kapolres Tanggamus oleh Kabag Ops Kompol Kompol Bunyamin, Launcing KTN Sumberejo dengan pemotongan pita di Posko KTN.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan pengecekan tempat isolasi mandiri di Pekon Dadapan, Pengecekan Pos Kamling dan Pengecekan Tanaman Porang di Pekon Dadapan yang merupakan tanaman unggulan di Pekon tersebut.

Kabag Ops Kompol Bunyamin mengungkapkan bahwa Polres Tanggamus dan Polsek Sumberejo melauncing KTN sebagai tindak lanjut perintah pimpinan Polri dengan menggunakan pendekatan problem-oriented policing (POP) untuk membentuk sebuah kondiai lingkungan yang mampu secara mandiri bertahan ditengah Pandemi Covid-19.

Menurutnya KTN adalah sebuah bentuk pilot projec kolaborasi dengan stakeholder untuk melakukan aksi nyata di desa/kelurahan yang menitikberatkan peran serta elemen masyarakat baik personal maupun kelompok.

"KTN merupakan hasil nyata dari perubahan paradigma dan orientasi ke arah upaya pemolisian bernuansa pencegahan dan penyelesaian masalah," kata Kompol Bunyamin membacakan amanat Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK.

Lanjutnya, Kampung Tangguh juga diharapkan bukan saja menjadi cara dalam pengendalian masalah sosial yang terdampak Covid-19 akan tetapi juga diharapkan mampu melindungi kualitas hidup masyarakat.

Sebab, Kampung Tangguh bertujuan untuk menangani laju penyebaran Covid-19, mendapatkan langkah-langkah pemecahan masalah yang efektif dengan memperhatikan kearifan lokal. Mewujudkan masyarakat yang mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk penyelesaian masalah, tangguh kesehatan, keamanan dan tangguh sosial ekonomi.

"Dengan dibentuknya KTN tingkat kecamatan ini, Polres Tanggamus mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari jajaran Forkopimcam dan seluruh elemen masyarakat demi suksesnya kegiatan KTN sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19," harapnya.

Sementara itu, Yoyok Sulistyo, selaku Anggota DPRD Tanggamus mengatakan bahwa Pekon Dadapan menjadi percontohan KTN tingkat Kecamatan pertama di Sumberejo yang nantinya berlanjut ke Pekon lainnya.

"Alhamdulillah, hari ini Pekon Dadapan telah dilancing sebagai KTN tingkat kecamatan atas kerjasama stakeholder baik TNI Polri dan seluruh pemerintahan kecamatan dan pekon," kata Yoyok.

Atas launcing itu, Yoyok berharap mampu mampu mempertahankan ketahanan pangan bersamaan dengan pencegahan Covid-19.

"Menurut kepala pekon ada inovasi masyarkat dengan mengembangkan tanaman porang dan peternakan sehingga menjadi efek positif dari masa pandemi," ujarnya.

Kesempatan itu, Yoyok mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Tanggamus, Dandim 0424 Tanggamus dan jajaran pemerintah telah menunjuk pekon dadapan sebagai pekon pertama menjadi KTN.

"Semoga Allah SWT Meridhoi kegiatan kita hari ini, mudah-mudahan sesuai apa yang diamankan bapak Presiden RI dapat berjalan dengan baik," pungkasnya. (*)

Profil Administrator

Administrator


Komentar




Komentar Facebook