Resedivis dan Remaja Pencuri Motor Berhasil Ditangkap Polsek Talang Padang

Administrator   |   Kriminalitas  |   Kamis, 02 Juli 2020 - 14:00:19 WIB   |  dibaca: 1206 kali
Resedivis dan Remaja Pencuri Motor Berhasil Ditangkap Polsek Talang Padang

Kapolsek Talang Padang Iptu Khairul Yassin saat Menyampaikan Konferensi Pers di Mapolres Tanggamus, Rabu (1/7/20).

Kota Agung - Dua pencuri motor berhasil dibekuk Polsek Talang Padang Polres Tanggamus. Seorang diantaranya merupakan resedivis dan seorang lagi merupakan anak dibawah umur.

Keberhasilan itu diungkap Kapolsek Talang Padang Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom yang disampaikannya dalam konferensi pers di Mapolres Tanggamus dengan menghadirkan seorang tersangka dewasa, Rabu (1/7/20).

"Periode tanggal 20 hingga 26 Juni 2020, dua pelaku pencurian sepeda motor berhasil ditangkap Polsek Talang Padang," ungkap Iptu Khairul Yassin mendampingi Wakapolres Kompol MN. Yuliansyah, SH. MH.

Kapolsek mengatakan, dua kasus tersebut meliputi perkara laporan pada Rabu tanggal 15 Januari 2020 sekitar pukul 10.00 Wib, TKP di persawahan Pekon Kedaloman, Gunung Alip, Tanggamus dengan tersangka bernama Hermawan (34) warga Pekon Sinar Harapan Kecamatan Talang Padang.

Kemudian, laporan perkara pada Jum'at tanggal 26 Juni 2020 sekitar jam 18.30 WIB, TKP Halaman masjid Al Furqon Pekon Banjar Sari Kecamatan Talangp Padang Kabupaten Tanggamus, dengan tersangka berinisial BA (14) warga Kecamatan Talang Padang.

"Tersangka Hermawan ditangkap pada Sabtu (20/6/20) pukul 02.00 Wib saat berada dirumahnya. Dan tersangka BA ditangkap pada Jumat (26/6/20) sekitar pukul 22.14 WIB di Pekon Sinar Banten, Talang Padang," kata Iptu Khairul.

Kapolsek menjelaskan, dari penangkapan Hermawan, terungkap bahwa tersangka juga merupakan resedivis kasus pencurian di wilayah Lampung Selatan dan batu keluar penjara pada tahun 2019.

Adapun modus operandi yang dilakukan tersangka, mencuri sepeda motoot Vega-R BE 6656 W dan dompet warna hitam yang di dalamnya berisikan STNK, SIM, KTP dan uang tunai Rp. 400 ribu milik korbannya Zepri Irdiansyah (43) warga Pekon Kedaloman Kecamatan Gunung Alip yang berada di Pesawahan.

"Tersangka merupakan resedivis, dia spesialis mencuri motor yang kuncinya tergantung atau dekat dengan motor. Sebab saat itu korban meletakan kunci didalam celana yang digantung di gubuk pesawahan TKP pencurian," jelasnya.

Sambungnya, adapun modus yang dilakukan tersanga BA, ia melakukan pencurian sepeda motor Honda Legenda BE 8924 BF saat korbannya Sahordusi (58) sedang melaksanakan sholat maghrib di Masjid Al-Furqon Pekon Banjar Sari Kecamatan Talang Padang.

"Usai mencuri motor korban, tersangka kabur dari TKP, namun sekitar pukul 22.14 Wib, seorang warga yang mengenali motor korban langsung menghubungi petugas. Sehingga tersangka berhasil diamankan," ujarnya.

Ditambahkan Kapolsek, saat ini kedua tersangka telah dilakukan proses penyidikan di Polsek Talang Padang, terhadap keduanya dijerat pasal 363 KUHPidana ancaman maksimal 7 tahun penjara.

"Terhadap tersangka BA yang merupakan anak dibawah umur, proses penyidikannya mengacu kepada UU Peradilan Anak," pungkasnya.

Sementara, dalam pengakuannya tersangka Hermawan mengaku mencuri sepeda motor dengan sasaran sepeda motor yang mudah diambil. Dimana sebelumnya ia berkeliling dipesawahan.

"Keliling dulu jalan kaki dipesawahan, pada ada sasaran motor milik korban langsung saya bawa kabur," kata Hermawan.

Menurut Hermawan, dalam pencurian itu dia melakukannya seorang diri dengan harapan setelah mendapatkan, akan menjualnya dan uangnya akan dipakai kebutuhan sehari-hari.

"Mencuri karena ingin memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari," tandasnya. (*)

Profil Administrator

Administrator


Komentar




Komentar Facebook