Polres Tanggamus Tetapkan Pekon Kalibening Sebagai Pekon Kampung Tangguh Nusantara

Administrator   |   Kegiatan Polres Tanggamus  |   Kamis, 25 Juni 2020 - 16:45:27 WIB   |  dibaca: 395 kali
Polres Tanggamus Tetapkan Pekon Kalibening Sebagai Pekon Kampung Tangguh Nusantara

Rapat Koordinasi Penyiapan Kampung Tangguh Nusantara di Balai Pekon Kalibening, Talangpadang, Rabu (24/6/20).

Talang Padang - Kecamatan Talang Padang patut berbangga hati. Sebab, salah satu pekonnya, yaitu Pekon Kalibening dijadikan sebagai pilot project skala Kabupaten Tanggamus bertajuk "Program Kampung Tangguh Nusantara".

Program tersebut saat ini tengah disiapkan oleh Kepolisian Resor Tanggamus berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Program itu sebagai upaya pencegahan dini dan memutus mata rantai COVID-19 yang sampai sekarang masih menjadi pandemi.

Dalam persiapan pilot project Kabupaten ini, Polres Tanggamus, selain bersinergi dengan Pemkab Tanggamus, juga bekerjasama dengan seluruh stakeholder lainnya. Sehingga tujuan Kampung Tangguh Pekon Kalibening, Kecamatan Talangpadang dapat terlaksana dengan baik.

Terpilihnya Pekon Kalibening, berdasarkan kriteria prioritas dalam pembentukan Kampung Tangguh. Di antaranya adalah aspek ketahanan pangan dan ekonomi, aspek ketahanan medis, dan aspek ketahanan lingkungan (keamanan).

Kemudian potensi yang akan dikedepankan oleh Pekon Kalibening dalam rangka Kampung Tangguh Nusantara. Yaitu tentang ketahanan panggan (minapadi) suatu bentuk usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah yang ditanami padi, sekaligus sebagai kolam untuk budidaya yang memaksimalkan hasil tanah sawah.

Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK mengungkapkan, bahwa menuju hal itu pihaknya telah melaksanakan sejumlah upaya baik pendataan, koordinasi dan rapat perdana bersama aparatur Pekon.

"Rapat koordinasi Persiapan Pekon Tangguh Nusantara di Pekon Kalibening telah dilaksanakan kemarin, Rabu, (24/6/19) dihadiri aparat Pekon dan warga setempat," kata AKBP Oni Prasetya, Kamis (25/6/20).

Lanjutnya, pada hari Sabtu, 27 Juni 2020 kembali akan dilaksanakan kegiatan lanjutan yakni kerja bhakti. "Kerja bhakti dalam persiapan pembentukan kampung tangguh dan akan melibatkan instansi terkait," ujarnya.

Kesempatan itu, Kapolres menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan seluruh pihak, baik Pemkab Tanggamus, Kecamatan Talanv Padang, Pekon dan masyarakat Kali Bening serta jajaran Sat Binmas dan Polsek Talang Padang.

"Mudah-mudahan apa yang kami laksanakan dalam pembentukan Kampung Tangguh Nusantara dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," pungkasnya. (*)

Profil Administrator

Administrator

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar




Komentar Facebook