Di Pulau Tabuan Kabupaten Tanggamus Kini Bisa Telfon dan SMS

Administrator   |   Mitra Polres Tanggamus  |   minggu, 13 Januari 2019 - 02:00:00 WIB   |  dibaca: 730 kali
Di Pulau Tabuan Kabupaten Tanggamus Kini Bisa Telfon dan SMS

Pulau Tabuan (Foto : Googlemaps).

TANGGAMUS - Jika sebelumnya warga pulau tabuan tidak dapat menerima sinyal telepon selluler (blankspot) saat ini warga telah dapat menikmati layanan telepon selluler maupun sms dengan baik melalui jaringan GSM.

Hal itu dikarenakan saat ini telah dibangun Tower BTS (Base Transceiver Station) telepon seluler di pulau tersebut, tepatnya di Pekon Karang Buah, Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kominfo Tanggamus, Drs. Sabaruddin melalui rilisnya.

"Pembangunan tower dilakukan oleh Kementerian Kominfo, berdasarkan usulan Pemkab Tanggamus," kata Kadis Kominfo yang diterima Humas Polres Tanggamus dan polrestanggamus.com, Minggu tanggal 13 Januari 2019.

Menururnya, usulan pembangunan tower tersebut disampaikan, mengingat wilayah tersebut selama ini memang belum terakses sinyal selluler dengan baik, terlebih wilayah tersebut berada di pulau dan jauh dari akses lainnya yang memadai.

"Selama ini disana tidak ada akses sinyal selluler, kalaupun ada sinyal dari Kecamatan lain dibeberapa lokasi, itupun masih sangat lemah, tidak bisa untuk nelpon, SMS saja kadang masuk kadang tidak," terangnya.

Selain itu usulan tersebut sejalan dengan Program 55 Aksi Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus.

"Saat ini tower sudah dibangun dan beroperasi, dengan provider salah satu operator selluler, sehingga masyarakat disana sudah dapat menggunakan telepon selluler dengan baik. Bahkan sinyalnya sampai juga ke Pekon Tampang Tua di Kecamatan Pematang Sawa, walaupun masih lemah, tetapi masih bisa untuk SMS," jelasnya.

Ditambahkan Kadis Kominfo, Pemkab Tanggamus akan terus mengupayakan agar wilayah Kabupaten Tanggamus terbebas dari blankspot.

“Kami akan terus mengupayakan agar masalah blankspot di Tanggamus dapat terselesaikan. Kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo dan provider yang ada, sehingga nantinya masalah blankspot di Kabupaten Tanggamus dapat dituntaskan,” pungkasnya.

Terpisah salah satu Kabid Kominfo Tanggamus Derius Putrawan menambahkan semua wilayah blankspot di Tanggamus sudah kami usulkan.

"Namun teralokasinya di pulau tabuan tersebut, karena lokasi tersebut merupakan wilayah terluar. Wilayah lain yang belum mendapatkan akan terus kami perjuangkan, baik melalui pemerintah atau swasta," jelasnya melalui percakapan Whatsapp.

Namun ia meminta masyarakat bersabar terkait jaringan internet karena masih dalam proses pengupayaan Pemkab Tanggamus.

"Untuk Internet akan kami koordinasikan lagi. Dulu kita pernah MoU dengan pusat namun masih terkendala, tahun ini kita perjuangkan lagi," tandasnya.

Dilain pihak seorang warga Pulau Tabuan, Buyung Khufroni (53) mengungkapkan bahwa jaringan telfon telah dapat ia nikmati sejak tanggal 28 Desember 2018.

"Alhamdulillah, sudah bisa telfon dan sms," kata Buyung melalui sambungan telfon di nomor 085348288663, Minggu (13/1/19) sore.

Karena jaringan saat ini masih 2G, guna mengetahui dunia luar melalui internet, ia berharap telah jaringan ditingkatkan agar dapat berselancar di dunia maya.

"Ya harapannya bisa internet, biar tau diluar lah," pungkasnya. (*)

Profil Administrator

Administrator

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook