Jalan Longsor di Kelumbayan, Kelumbayan Barat Tanggamus Bisa Diakses, Bantuan Tersalurkan

Administrator   |   Peristiwa  |   Kamis, 06 Desember 2018 - 22:18:42 WIB   |  dibaca: 318 kali
Jalan Longsor di Kelumbayan, Kelumbayan Barat Tanggamus Bisa Diakses, Bantuan Tersalurkan

Tim Relawan saat memasang jembatan darurat di Kecamatan Kelumbayan, Rabu (5/13).

TANGGAMUS - Tim gabungan penanggulangan bencana telah menyelesaikan pembersihan di dua SD dan distribusikan bantuan pasca banjir dan longsor di Kecamatan Kelumbayan, Kelumbayan Barat Kabuapten Tanggamus.

Selain itu jalan di dua Kecamatan tersebut telah terbuka walaupun masih licin oleh material limpur, serta telah dibangun jembatan darurat disejumlah titik gorong-gorong yang terbawa longsor.



Menurut Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH koordinator tim Polres Tanggamus, mengatakan kondisi saat ini pasca bencana banjir dan jalan longsor di Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat telah dapat dilintasi.

"Untuk wilayah terdampak banjir dan longsor, jalan yang tadinya tertutup, jembatan yang ambruk/hanyut saat ini dapat diakses kendaraan roda dua maupun roda empat," ungkap Kompol Bunyamin dalam keterangannya usai berakhirnya relawan bencana melaksanakan tugas, Kamis (6/12) pagi.

Ia mengaku jumlah personil yang dilibatkan 90 personil, gabungan antara Polri, TNI, Pol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas, BPBD selama di lokasi melaksanakan pembersihan jalan-jalan terdampak longsor mengunakan alat berat baik itu milik swasta maupun perorangan. "Untuk titik longsor lebih dari 50 titik dan 3 titik jembatan terbawa arus sungai," ujarnya.



Untuk hari terkahir tim relawan juga melaksanakan pembersihan di SDN 1 Kelumbayan dan SDN 1 Penyandingan, Kec. Kelumbayan, dan perbaikan perumahan sekolah sehingga saat ini bisa digunakan.

"Selain itu mengangkut logistik berupa beras ke pekon-pekon di Kec. Kelumbayan dan Kec. Kelumbayan Barat yang terdampak banjir dan tanah longsor," kata Kompol Bunyamin.

Sedangkan untuk penerangan dari jaringan listrik yang mati total di wilayah Kec. Kelumbayan dan Kelumbayan Barat sudah dikoordinasikan dengan PLN. Sebab untuk jaringan banyak tiang listrik roboh dan patah, serta kabel listrik putus.



"Tim telah koordinasi dengan pihak PLN dan kini sedang dalam proses pengerjaan dan penanaman tiang listrik," terangnya.

Sebelum meninggalkan Kelumbayan Kabag Ops menitipkan pesan dan himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada serta menjaga hutan sehingga dapat mencegah bencana.

"Seluruh warga masyarakat agar berhati-hati karena sekarang curah hujan cukup tinggi. Kemudian dilihat atau fakta dilapangan bahwa di lokasi banyak hutan, banyak gunung yang sudah ditebangi sehingga mengakibatkan banjir," pungkasnya. (*)

Profil Administrator

Administrator

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook