Atas Tertangkap Pelajar pakai Narkoba, Polres Tanggamus Ajak Masyarakat Tingkatkan Pencegahan

Administrator   |   Kriminalitas  |   Rabu, 26 September 2018 - 22:06:35 WIB   |  dibaca: 1420 kali
Atas Tertangkap Pelajar pakai Narkoba, Polres Tanggamus Ajak Masyarakat Tingkatkan Pencegahan

Kasatres Narkoba Polres Tanggamus Iptu Anton Saputra, SH. MH.

TANGGAMUS - Balai Pemasyarakatan Lampung melakukan penelitian terhadap HS (17) remaja yang tertangkap konsumsi narkoba oleh Sat Sabhara Sabhara Polres Tanggamus pada Jumat (21/9) sekitar pukul 22.00 Wib lalu.

Menurut Kasat Narkoba, Iptu Anton Saputra, SH. MH., tim dari Bapas Lampung sudah turun. Instansi ini yang nantinya akan memutuskan sanksi bagi pelaku kriminal termasuk narkoba jika itu dilakukan oleh pelaku di bawah umur.

"Bapas sudah turun, sementara ini sudah melakukan penelitian terhadap orang tua, lingkungan tempat tinggal, pergaulan, lingkungan sekolah dan pergaulan, serta guru HS," ujar Iptu Anton Saputra mewakili Kapolres Tanggamus I Made Rasma, SIK. M.Si, Rabu (26/9/18) malam.

Ia mengaku, nanti Bapas akan membahas hasil dan evaluasi dari penelitian yang sudah dilakukan. Nantinya Bapas akan mengeluarkan rekomendasi untuk tindakan selanjutnya, apakah dikembalikan lagi ke orang tua, atau rehabilitasi.

"Kami sebagai aparat akan mengikuti rekom tersebut, dan itu wajib dilakukan penyidik apabila pelakunya anak-anak sesuai UU Perlindungan Anak," ujarnya.

Kesempatan itu juga, Kasat Narkoba menghimbau masyarakat, orang tua tentang Bahaya Narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Sebab bahaya Narkoba diketahui sangat membahayakan bagi generasi bangsa.

"Dihimbau peran keluarga untuk lebih peduli kepada putra/putrinya, seperti apabila anak keluar/pulang malam agar ditegur dan dikontrol, dicek tujuannya, siapa temannya. Apakah anak kita bergaul dengan orang-orang teridikasi yang tidak benar, agar ditegur diberikan pengertian dengan baik," tutur Iptu Anton Saputra.

Guna mengantisipasi terjadinya masalah pelajar menyalahgunakan Narkoba, Kasat berharap kerjasama, baik stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan keluarga itu sendiri.

"Kepedulian masyarakat, sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan bahaya Narkoba, mari mememulai tindakan dari rumah, keluarga, lingkungan dan masyarakat," tandasnya. (*)

Profil Administrator

Administrator

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar




Komentar Facebook