Tim Gabungan Turunkan Seribuan APK Pasangan Cagub dan Cawagub di Tanggamus

Administrator   |   Pilkada  |   Rabu, 21 Februari 2018 - 17:44:27 WIB   |  dibaca: 619 kali
Tim Gabungan Turunkan Seribuan APK Pasangan Cagub dan Cawagub di Tanggamus

Tim Gabungan dibantu Dishub Tanggamus turunkan Alat Peraga Kampanye di Lintas Barat.

Tanggamus - Polres Tanggamus melaksanakan monitoring penertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) paslon Gubernur dan wakil Gubernur Lampung, serta paslon Bupati dan wakil Bupati Tanggamus yang mengikuti ajang pilkada serentak 2018-2023. 

Penertiban alat peraga dilaksanakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tanggamus dibantu dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tanggamus, Rabu (21/2/18).

Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Aditya Kurniawan, SH. S.Ik mengatakan monitoring dilaksanakan guna memastikan kegiatan berjalan kondusif.

"Dari penertiban APK berupa umbul umbul, baleho, bilboard dan sebagainya, yang dilakukan siang tadi di seluruh Kabupaten Tanggamus, berdasarkan data Panwaslu mencapai seribu APK yang diturunkan,"kata Kompol Aditya Kurniawan.

Ketua Panwaslu Tanggamus Dedi Fernando, mengungkapkan penertiban dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara Panwaslu dan stakholder terkait. Dimana pada Kamis (15/2) lalu menjadi hari terakhir pemasangan APK, yang seharusnya dalam tempo waktu satu kali 24jam harus sudah diturunkan. 

"Selain dari hasil kesepakatan yang telah diputuskan bersama, antara pihak Panwasalu dan pihak terkait, seperti Polres Tanggamus, Kejaksaan, Dinas Perhubungan, POL-PP,  Ketua Parpol, dan Lo dari masing masing Paslon. Dan berdasarkan Pkpu pasal 70 ayat 4 dan5 kami dengan berkordinasi bersama pihak pihak terkait berhak menurunkan," kata Dedi Fernando, saat ditemui di tengah tengah kegiatan penurunan Bilboard.

Diakui Dedi, bahwa pihaknya cukup kesulitan untuk menurunkan APK yang ada, khususnya APK berupa bilboard. Yang mana menurut dia, untuk menurunkan Bilboard dibutuhkan alat khusus lantaran di khawatirkan adanya arus listrik. Namun pihaknya berjanji untuk bisa menyelesaikan semua APK pada hari ini.  

"Khususnya bilboard yang butuh pertimbangan lebih, bilboard ini kita tidak bisa jika hanya menggunakan tenaga panwaslu. Untuk itu panwaslu turut melibatkan dishub yang menggunakan crane. Terlebih, jika dalam keadaan hujan kita tidak berani dan kawan kawan Pol-PP juga tidak berani untuk menurunkan, tapi akan kami maksimalkan agar hari ini selesai," jelas Dedi. 

Meski tidak ada sanksi yang diberikan kepada paslon, lanjut Dedi, pihaknya berharap agar dari masing masing palson dapat memenuhi kesepakatan bersama. 

"Kami mengimbau, alangkah baiknya jika paslon memiliki inisiatif untuk menurunkan bilboard atau pun Apk yang lain sesuai dengan amanat PKPU. Terlebih memang sudah ada kesepakatan bersama, tapi demi pilkada yang baik untuk masyarakat Tanggamus kita turunkan."pungkasnya. (*)

Profil Administrator

Administrator

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar




Komentar Facebook