Panit Binmas Polsek Pringsewu Hadiri Peresmian SANIMAS - IDB 2017

Administrator   |   Kegiatan Polres Tanggamus  |   Selasa, 09 Januari 2018 - 19:30:20 WIB   |  dibaca: 514 kali
Panit Binmas Polsek Pringsewu Hadiri Peresmian SANIMAS - IDB 2017

Bupati Pringsewu membuka kegiatan.

Pringsewu - Mewakili Kapolsek Pringsewu Kompol Andik Purnomo Sigit, SH. S.Ik. MM. Panit Binmas Ipda Dwi S menghadiri kegiatan "Serah terima dan peresmian program SANIMAS - IDB 2017" di Lokasi IPAL Komunal Rejosari Jln menuju SMP 4 Rt.02 Rw.02 Pekon Rejosari Kec. Pringsewu Kab. Pringsewu, Selasa (9/1/18) pagi.

Serah terima dan peresmian Program SANIMAS IDB 2017 Di laksanakan 6 Pekon, namun di pusatkan di Pekon Rejosari, diawali dengan penampilan drum band, shalawat oleh anak-anak Paud pekon setempat. Selain itu disuguhkan tari sembah dalam menyambut rombongan Pemkab Pringsewu yang dipimpan Bupati H. Sujadi.

Kegiatan dilaksanakan meliputi serah terima dari PPK program Sanimas IDB KP oleh Kepala Dinas PUPR kabupaten Pringsewu. Serah terima aset dan pengelolaan dari pemerintah daerah ke KPP kelompok pemanfaatan dan pemeliharaan Pemda diwakili Bupati. Dilanjutkan peresmian Ipal komunal program sanimas IDB tahun 2017 dengan pengguntingan pita dan penerbangan balon serta penandatanganan prasasti.

Dalam sambutannya Hi. Sujadi mengatakan bahwa Program SANIMAS IDB sendiri adalah salah satu program pembangunan sanitasi berbasis masyarakat (SANIMAS) yang diimplementasikan langsung kepada masyarakat di Danai APBN bersumber dari Islamic Development Bank (IDB). di mana Keterlibatan Masyarakat (partisipasi) menjadi kunci pembangunan sanitasi. Program SANIMAS diselenggarakan sebagai pendukung program peningkatan kualitas Pemukiman (P2KP) yang sekarang berganti nama menjadi program kota tanpa kumuh (KOTAKU).

Mekanisme penyelenggaraan program SANIMAS menerapkan pendekatan pembangunan berkelanjutan berbasis masyarakat melalui pelibatan masyarakat secara utuh dan seluruh tahapan kegiatan mulai dari tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan sampai dengan tahap pemeliharaan program sanimas yang diperoleh dari loan IDB ini dilaksanakan secara bertahap di 1800 lokasi sasaran pada 52 kabupaten kota di 13 provinsi terpilih yang sebelumnya menjadi lokasi P2KP, dan kelurahan penerima program sanimas sebelumnya pernah menerima bantuan dana bantuan langsung masyarakat dlm yang merupakan perwujudan dari Sinergi di antara program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Lanjutnya, ruang lingkup program SAMMAS IDB diprioritaskan pads penyediaan sarana sanitasi masyarakat yang meliputi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal dengan sistem perpipaan atau komb'masi IPAL komunal dengan sistem perpipaan dan MCK. Setiap lokasi terlayani minimal 50 KK (250 jiwa) dengan rancangan kapasitas IPAL untuk 75 kk (375 jiwa). Dana BLM yang diluncurkan sebesar Rp. 425 juta untuk setiap lokasinya melalui rekening Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM).

Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu penerima program SAMMAS IDB di Provinsi Iampung selain Kota Bandar Lampung. Pringsewu sendiri telah mendapatkan bantuan program SANIMAS IDB ini sejak tahun 2014 hingga 2016 dengan jumlah lokasi mencapai 9 (sembilan) lokasi den tahun 2011 ini mendapatkan bantuan sebanyak 6 (enam) lokasi yang tersebar di pekon dan kelurahan yaitu, kelurahan Pringsewu Timur, Pekon Bumi Ayu, Tanjung Anom, Rejosari, Sumber Agung dan Margakaya.

Salah satu komponen utama kegiatan ini adalah pemberdayaan masyarakat. Selain pemberdayaan masyarakat, kegiatan ini menggunakan beberapa pendekatan antara lain: pengarusutamaan gender, otonom dan desentralisasi dimana pemerintah daerah bertanggung jawab penuh terhadap keberlanjutan dan pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian.

"Harapan kami setelah diresmikannya 6 lokasi IPAL komunal ini mampu mengurangi permasalahan sanitasi yang ada di Kabupaten Pringsewu dan meningkatkan derajat kesehatan di lingkungan masyarakat. Diharapkan peran aktif masyarakat dalam upaya pengoperasian dan pemeliharaan intrastruktur yang telah terbangun serta kreasi dan inovasi demi tercapainya desa mandiri," harap Bupati Hi. Sujadi.

Hadir dalam antara lain Wakil Ketua DPRD Pringsewu Sagang Nainggolan, Asisten Bid Ekbang Kab. Pringsewu Drs. Zuhairi, PPLU Provinsi Lampung, Kadis Kesehatan Pringsewu, Purhadi, S. Sos, M. Kes, Kasatker PIP Pringsewu Imam Santiko, Camat Pringsewu Abu Husein, Camat Ambarawa Ani Sundari, Kapekon se Kecamatan Pringsewu dan Ambarawa.

Kapolsek Kompol Andik Purnomo Sigit mengungkapkan kegiatan dimulai pukul 09.30 hingga berakhirnya kegiatan berakhir lancar. "Selain menghadiri kegiatan, Polsek Pringsewu menggelar pengamanan secara terbuka dan tertutup guna lancarnya kegiatan." tegasnya. (NN).

Profil Administrator

Administrator

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar




Komentar Facebook